Halaman

Setiap kejadian punya kisah lain di belakangnya. Ibarat panggung pertunjukan, situasi di depan dan belakang sama riuhnya. Situasi di depan, orang banyak yang tahu. Lalu bagaimana kisah di bagian belakangnya?

Di tempat inilah cerita (di belakang panggung) bergulir.......

Minggu, 20 April 2014

"Kedipan" KARIMUN WAGON R (Ternyata) Menyelamatkan!!




Nikmat rasanya kalau punya mobil sesuai kebutuhan dan memanjakan kita seperti istri sendiri he he... Apalagi saya termasuk pengendara kemarin sore. Jam terbang saya masih minim, hanya bolak-balik Jakarta-Cirebon yang treknya cenderung lurus dan datar. Kalau harus ke Bandung atau Puncak, paniklah saya. Saya sering terlambat oper gigi di tanjakan lantaran lupa mobil sedang di gear berapa. Laju mobil pun jadi ndut-ndutan. Masih untung mesin tidak mati atau mobil meluncur balik dalam posisi mundur. Jangan sampai deh. Ngeri!! Untuk itu saya ngidam banget mobil yang punya indikator jelas perpindahan gear-nya.

Ada tidak ya?

Eeh, ternyata ada! Di
Suzuki Karimun Wagon R, lagi! Padahal mobil ini notabene mobil murah. Logikanya, mobil murah = fasilitas minim. Tapi berkat teknologi indikator pindah gear itu saya curiga Karimun Wagon R bukanlah mobil murahan (sudah pasti lah).

Indikator perpindahan gear dalam Karimun Wagon R ini sebenarnya hanya sebatas tanda panah "berkedip" yang menunjukkan gear berpindah ke tingkat yang lebih tinggi atau rendah. Tapi bagi saya cukup memberi rasa nyaman kalau mengalami kejadian seperti saya sebut di atas. Saya jadi merasa "terbimbing" tetap selamat sampai tujuan.

Dengan kata lain, Karimun Wagon R boleh murah, tapi faktor kenyamanan dan keamanan tetap diutamakan!
Yippii.... warna favoritku juga ada.....

IMMOBILIZER Bikin Para Maling Manyun
Karimun Wagon R punya tiga varian yakni Karimun Wagon R GA, Karimun Wagon R GL, dan Karimun Wagon R GX. Indikator yang manjain itu ada di tiga varian itu.Termasuk juga teknologi keselamatan lain yang tidak kalah penting, yakni Immobilizer. Ini memungkinkan kita meninggalkan mobil kita tanpa perlu cemas sedikit pun. Mau ditinggal berapa hari pun di parkiran, misalnya, tidak perlu cemas maling mengintai. Cukup kita bawa saja kunci asli Karimun Wagon R itu, sebab tanpa kunci yang asli dijamin mesin Karimun Wagon R tidak mungkin dihidupkan.

Kabin Lega dengan Ruang Rahasia
Tidak afdol rasanya kalau tidak membahas interior. Bagaimanapun kita akan lebih banyak menghabiskan di waktu di dalamnya daripada melototi eksteriornya. Bisa jadi blunder, kalau eksteriornya mewah tapi interiornya bikin klaustrofobia! Untuk alasan ini, terus terang saya merasa tertipu oleh kabin Karimun Wagon R. Serius, saya tidak bohong. Saya pikir kabinnya bakal sempit mengingat body mobilnya cuma punya dua row seat. Ternyata kabinnya sangat lega! Sekilas kelegaannya mengingatkan saya pada Karimun generasi pertama yang bernuansa boxy. Saya pikir seperti itulah tujuan Karimun Wagon R pun dibuat berkabin boxy, agar kenyamanan dari Karimun generasi pertama bisa terasakan juga.
Kabin anti-"klaustrofobia"

Tapi nanti dulu. Di samping berbagasi lega, Karimun Wagon R ternyata punya "ruang rahasia" ala Harry Potter (baca : chamber of secret). Letaknya di bawah jok depan, memungkinkan kita menyimpan barang berharga untuk ditinggal sementara, atau sekedar menyimpan barang apa saja yang ingin disimpan lebih rapi dan bersih di dalam sebuah "laci". Untuk satu ini, saya acungi 2 jempol buat Karimun Wagon R.

Eksterior Adem di Mata dan di Hati
Jujur saja, saya suka bosan lihat tampilan mobil yang begitu-begitu saja. Hanya tampilan facelift dengan komposisi lampu besar bening dan sein kuning. Standar banget! Baru Karimun Wagon R yang membuat saya tersenyum senang bak melihat gadis cantik yang pandai berdandan dengan  eye shadow biru-nya yang indah. Itulah yang terlihat pada wajah depan Karimun Wagon R. Sementara bagian belakangnya mengingatkan pada Karimun generasi pertama tapi dengan nuansa lebih modern.

Kualitas Mesin Tak Terbantahkan
Satu hal yang menjadi jaminan mutu dari mobil ini adalah nama besar Suzuki-nya. Saya sudah pernah mencicipi Suzuki Aerio dan Suzuki Ertiga sebelum ini. Saya puas. Konsumsi BBM kedua mobil itu benar-benar irit! Saya yakin Karimun Wagon R juga begitu, sebab Wagon R menggunakan mesin K10B 998 cc DOHC yang sudah injeksi. Sudah begitu, tenaga penggeraknya ada di roda depan, membuat sensasi mengendarai Karimun Wagon R senikmat menaiki sedan!
Keunggulan-keunggulan Wagon R yang saya bahas tadi. Asik kan?

KESIMPULAN
Overall,  mengendarai Karimun Wagon R merupakan pengalaman luar biasa yang layak dimiliki setiap orang. Karimun Wagon R cocok dimiliki oleh keluarga. Kabinnya lega, bisa menampung banyak sekali barang dan penumpang. Karimun Wagon R juga cocok diajak gaya oleh para remaja. Dimodifikasi seperti apa juga pasti cocok mengingat desainnya sudah modern. Wagon R juga pilihan tepat untuk orang yang mengutamakan safety. Dari mulai Immobilizer sampai kunci child proof door lock sudah tersematkan. Dan terutama, Karimun Wagon R cocok bagi orang yang mendambakan kendaraan murah dengan fasilitas mewah seperti saya. Tidak salah kalau mobil murah satu ini punya jargon, "Lebih dari Cukup." ;)



Referensi :

BONUS :
Spesifikasi Karimun Wagon R


Type GA
Mesin : 1.0 L 3 Silinder 12 valve
Type Mesin : K10B
Isi Silinder : 998 cc
Bore x Stroke : 73.0 x 79.5 mm
Power Maks : 80PS di 6,200 rpm
Torsi Maks : 90Nm di 3,500 rpm
Sistem Bahan Bakar : Injection/Bensin
Kapasitas Tangki BBM : 35 liter
Dimensi
Panjang : 3,6 m
Lebar : 1,48 m
Tinggi : 1,7 m
Wheel Base 2,4 m
Ground Clearence : 170 mm
Radius Putar : 4,6 m
Transmisi : Saat ini baru tersedia manual
Steering System Rack and Pinion
Rem Depan/Belakang : Ventilated
disc/drum
Suspensi Depan : Mac Pherson strut with
coil spring
Ukuran Ban : 145/80R13
Fitur : Audio

Type GL
Mesin : 1.0 L 3 Silinder 12 valve
Type Mesin : K10B
Isi Silinder : 998 cc
Bore x Stroke : 73.0 x 79.5 mm
Power Maks : 80PS di 6,200 rpm
Torsi Maks : 90Nm di 3,500 rpm
Sistem Bahan Bakar : Injection/Bensin
Kapasitas Tangki BBM : 35 liter
Dimensi
Panjang : 3,6 m
Lebar : 1,48 m
Tinggi : 1,7 m
Wheel Base 2,4 m
Ground Clearence : 170 mm
Radius Putar : 4,6 m
Transmisi : Saat ini baru tersedia manual
Steering System Rack and Pinion
Rem Depan/Belakang : Ventilated
disc/drum
Suspensi Depan : Mac Pherson strut with
coil spring
Ukuran Ban : 145/80R13
Fitur : Audio, Power Windows

Type GX
Mesin : 1.0 L 3 Silinder 12 valve
Type Mesin : K10B
Isi Silinder : 998 cc
Bore x Stroke : 73.0 x 79.5 mm
Power Maks : 80PS di 6,200 rpm
Torsi Maks : 90Nm di 3,500 rpm
Sistem Bahan Bakar : Injection/Bensin
Kapasitas Tangki BBM : 35 liter
Dimensi
Panjang : 3,6 m
Lebar : 1,48 m
Tinggi : 1,7 m
Wheel Base 2,4 m
Ground Clearence : 170 mm
Radius Putar : 4,6 m
Transmisi : Saat ini baru tersedia manual
Steering System Rack and Pinion
Rem Depan/Belakang : Ventilated
disc/drum
Suspensi Depan : Mac Pherson strut with
coil spring
Ukuran Ban : 145/80R13
Fitur : Audio, AC, Power Windows

Tidak ada komentar:

Posting Komentar