Halaman

Setiap kejadian punya kisah lain di belakangnya. Ibarat panggung pertunjukan, situasi di depan dan belakang sama riuhnya. Situasi di depan, orang banyak yang tahu. Lalu bagaimana kisah di bagian belakangnya?

Di tempat inilah cerita (di belakang panggung) bergulir.......

Jumat, 20 Juni 2014

Yang Percaya CAMPOLAY itu Nama Sirup, Pikir Lagi!


Jelang Bulan Puasa gini nggak apdol kalau nggak bahas sirup. Salah satu sirup yang terkenal adalah Campolay, atau Tjampolay. Sirup ini asli daerah Cirebon dan pamornya sudah kesohor banget sejak  tahun 1930-an.

Lucunya, resep sirup ini konon lahir  lewat mimpi penciptanya, Tan Tjek Tjiu tanggal 11 Juli 1936.
Wah, hebat banget ya, orang tidur aja bisa ngeracik sirup yang enak ^_^ Dari sini, sirup Tjampolay sempat jatuh bangun sampai 3 generasi. Generasi ke-tiga inilah yang membawa  Tjampolay terkenal ke mana-mana, sejak 1990-an. Makanya nama Tjampolay jadi identik dengan nama sirup.

Tapi pada tahu nggak sih campolay itu sebenarnya bukan nama sirup?

Akh, pasti udah pada tahu. Dari nama resmi merek sirupnya aja udah ketahuan " Siroop Tjap Buah Tjampolay". Maka pertanyaannya diubah, pada pernah lihat belum buah campolay itu seperti apa?

Belum pernah, kan? Jangankan buah campolay, buah "udik" lainnya yang lebih "kota" aja (misal menteng, sentul, cereme) pasti belum pernah lihat.

Tapi sebenarnya mungkin kita sering lihat, cuma nggak sadar aja kalau itu buah campolay. Pengalamanku gitu, soalnya. Aku sering ke Ragunan. Aku juga beberapa kali lewatin jalur Tomo, Sumedang, kalau lagi bepergian Cirebon-Bandung. Di dua tempat itu banyak sekali pedagang buah yang aku nggak tahu namanya. Lucunya, para pedagang nyebut nama buah itu beda-beda. Ada yang nyebut konyal, ada yang nyebut terong mentega, bahkan ada yang nggak tahu. Akhirnya aku browsing di internet, dan ternyata namanya campolay, sodara-sodara!

Coba deh perhatikan gambar di logo sirup campolay di bawah. Buah di gambar itu berbentuk oval. Bagian pangkalnya bulat sempurna, bagian ujungnya  runcing agak "gingsul".  Mirip banget kan dengan buah "terong mentega" di gambar atas?

Buah campolay rasanya unik. Ada manisnya, ada gurihnya seperti gurih mentega. Tekstur dagingnya mirip ubi cilembu, tapi nggak semanis cilembu. Meski begitu, menurutku rasa buah campolay cukup ngangenin.

Yah, mungkin itu cita-cita Pak Tan Tjek Tjiu juga waktu bikin sirup dengan nama buah ini : agar ngangenin sepanjang masa.

Well, sepertinya cita-citanya tercapai, terutama di bulan Puasa jelang Maghrib ^_^

8 komentar:

  1. Balasan
    1. suka sirup Campolay? sama dong kita! :)

      Hapus
  2. Ada yang jual ngak mas...? jadi kepingin.. soalnya aku ada di luar jawa he..he..he

    BalasHapus
    Balasan
    1. di supermarket udah ada distribunyinya kok, Mas

      Hapus
  3. Halo mas bro dan mbak sis sekalian, karena banyaknya peminat, kali ini saya ingin menawarkan kembali oleh-oleh khas Cirebon, Sirup Tjampolay.
    Pasti sudah pada tahu kan sirup Tjampolay?
    Rasanya benar-benar segar dan enak, ditambah lagi 100% memakai gula murni. Yaps Gula murni tanpa tambahan gula kimia.

    kunjungi http://siruptjampolaycirebon.com/jual-sirup-tjampolay-campolay/

    BalasHapus
  4. sirup tjampolay, siroop tjampolay, sirup campolay, tjampolay sirup, buah tjampolay, sirup cap buah tjampolay, siroop tjap buah tjampolay, harga sirup tjampolay, jual sirup tjampolay, jual sirup campolay, distributor sirup tjampolay, agen sirup tjampolay, tempat jual sirup tjampolay,

    Sirup Tjampolay adalah sirup produksi lokal yang punya nama besar sejak tahun 1936. Rasanya benar-benar segar dan enak, ditambah lagi 100% memakai “GULA MURNI”. Sangat cocok disajikan untuk minuman dingin, campuran es, maupun sajian hari raya. Untuk pemesanan (SMS/WA:089666138083)

    BalasHapus
  5. sumpah sering liat dijalur arah cianjur - padalarang, tp gk tau nama N rasa, sampe semalem lewat masih penasaran buah apaan, mampir tp yg jual gk ada ...

    BalasHapus