Halaman

Setiap kejadian punya kisah lain di belakangnya. Ibarat panggung pertunjukan, situasi di depan dan belakang sama riuhnya. Situasi di depan, orang banyak yang tahu. Lalu bagaimana kisah di bagian belakangnya?

Di tempat inilah cerita (di belakang panggung) bergulir.......

Rabu, 10 Februari 2016

Sekali dalam Hidupmu, Berkunjunglah ke Sumatera Selatan!



Kamu boleh ngaku telah berkali-kali ke Palembang atau kota lainnya di Sumatera Selatan, karena provinsi ini memiliki banyak tempat yang  eksotis. Tapi sekali dalam hidupmu, berkunjunglah ke Sumatera Selatan. Dan itu sifatnya harus! Wajib! Urgen!!

sumber gambar di SINI
Kapankah kunjungan wajib itu?  Yakni pada 9 Maret 2016, saat terjadi gerhana matahari total.

Sebagai orang awam, kamu mungkin akan berpikir, “Akh, cuma gerhana matahari. Apa menariknya?”

Tapi sebagai anggota klub astronomi amatir Himpunan Astronom Amatir Jakarta (HAAJ) dan penulis novel yang menaruh perhatian pada dunia astronomi (novel Summer Triangle dan Love in Twilight), saya pastikan peristiwa ini amat langka, tidak boleh dilewatkan begitu saja. Gerhana pada tanggal itu cuma terjadi di Indonesia. Ada banyak lokasi yang bisa kamu datangi untuk menyaksikannya, tapi tidak ada tempat seperti  Sumatera Selatan. Ini alasannya :


1.       Akses Tansportasi Udaranya melimpah.
Sumber gambar: di SINI
 Kamu yang sering bepergian lewat udara pasti betapa mudahnya mencari pesawat dengan trayek Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang.  Dari Jakarta saja, misalnya, tak kurang dari 10 penerbangan bisa terjadi dalam satu hari. Sudah begitu tergolong murah. Dari tiket berharga jutaan hingga tiket seharga tiga ratusan ribu tersedia.  Cocok sekali bagi backpacker dengan budget terbatas.


2.       Tempat Menginap di Mana-Mana
Sumber gambar di SINI
 Ini jelas satu keuntungan. Kamu tidak akan merasa takut tidak dapat tempat menginap, karena hotel/losmen,guesthouse bertebaran di mana-mana. Dari mulai hotel melati berharga seratusan ribu hingga hotel bintang lima seharga dua jutaan dijamin tersedia. Kamu yang memiliki budjet lebih untuk menyewa kamar bintang lima, usahakan mendapatkan kamar di lantai atas yang jendelanya menghadap arah timur. Dijamin kamu mendapatkan spot terbaik untuk menyaksikan gerhana yang terjadi pagi hari.

3.       Palembang Punya Jembatan Ampera
Sumber gambar di SINI
 Tidak sedap kalau tidak bicara Sumatera Selatan. Ini lokasi paling ikonik Sumatera Selatan. Simbol kesuksesan dan kemajuan di sana. Saking pesatnya kemajuan, Pemerintah Pusat bahkan berkali-kali mendaulat Palembang sebagai lokasi perhelatan event besar, seperti SEA Games bahkan Asian Games. Salah satu lokasi terbaik melihat gerhana adalah Palembang dengan Jembatan Ampera-nya. Ini pasti pengalaman yang menakjubkan jika melihat gerhana yang cuma akan terjadi lagi di Sumatera Selatan setidaknyya 26 tahun kemudian. Kebayang nggak sih kita berselfie ria yang di lokasi ngetop ini di mana nilai historis fotonya bisa mencapai usia seperempat abad!? Saat itu kita mungkin sudah punya anak cucu. Ada banyak sekali cerita kita bagi terkait pengalaman gerhana matahari tahun ini.


4.       Palembang Punya Masjid Agung Palembang
Sumber gambar di SINI
Bagi yang suka dengan wisata religius, Masjid Agung Palembang bisa jadi pilihan. Arealnya sangat luas, 5.520 meter persegi. Cukup ideal untuk menyaksikan gerhana. Kamu bisa sekalian melaksanakan ibadah shalat sunat gerhana agar momentnya lebih afdol. Tapi harus pintar mengelola waktu, karena puncak gerhana matahari total di Palembang hanya berlangsung selama 1 menit 52 detik. Berikut rinciannya :
Mulai gerhana matahari:         06.20 WIB
Mulai gerhana matahari total:  07.20 WIB
Berakhir gerhana matahari:     08.31 WIB
 5.       Pulau Maspari untukmu Sendiri

http://www.rmoljakarta.com/images/berita/thumb/thumb_305684_08593026082015_Maspari2.jpg
Sumber gambar di SINI

Kalau kamu senang dengan wisata pantai yang masih perawan, kamu bisa menjatuhkan pilihan Pulau Maspari. Lokasinya ada di timur Sumatera Selatan. Kamu bisa memanfaatkan sarana transportasi dari Sungai Musi menuju sana. Hanya segelintir penduduk lokal yang mendiaminya, dan masih sedikit pelancong yang bepergian ke sana. Kamu bisa “memiliki”  pulsu tersebut untuk menikmati momen gerhana nan indah di sana.

6.       Danau Ranau sebagai Alternatif

http://infopalembang.id/wp-content/uploads/2015/07/lake-ranau-panduanwisata_com_.jpg
Sumber gambar di SINI

Danau Ranau sudah terbukti keindahannya. Terletak di Kabupaten Ogan Komering Ulu, berbatasan dengan Provinsi Lampung.  Konturnya perbukitan berlembah menjadikan Danau Ranau memiliki cuaca yang sejuk. Secara teori, lokasi ini bukan lokasi terbaik untuk melihat gerhana matahari total. Tapi kamu masih bisa menyaksikannya saat cuaca sedang bagus, dan pa dan pasti sangat menarik jika melihat gerhana di sana, atau sekedar berwisata alam. 

7.       Candi Bumi Ayu sebagai Alternatif
http://1.bp.blogspot.com/-Km4Y-ioQvXY/T2gptP492AI/AAAAAAAAABg/j4rW-IbGhd8/s1600/candi.jpg
Sumber gambar di SINI
Candi Bumi Ayu pun secara teoritis bukan lokasi terbaik untuk melihat gerhana matahari total. Tapi ia memiliki pemandangan yang etnik dengan nilai sejarah amat tinggi. Cocok sekali untuk dijadikan latar belakang selfie ataupun fotografi.

Tidak ada yang lebih berharga dari pengalaman. It's Priceless! Termasuk pengalaman mengunjungi keindahan bumi Sriwijaya. Kamu dapat mengunjungi semuanya. Opsi terbaik yang kusarankan tentu saja kunjungan bertepatan dengan gerhana matahari total. Kamu bisa mengambil cuti beberapa hari untuk menikmati gerhana matahari total di lokasi terbaik di Kota Palembang, misalnya, untuk kemudian melanjutkan kunjungan ke lokasi-lokasi eksotis Sumatera Selatan lainnya.Pada saat itu pula kamu akan bersorak,

“It’s a wonderful world. It’s a wonderful Sriwijaya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar